ID | EN
Beranda Berita

Pengelolaan SDA Kaltara

09 Maret 2016 348

DPUTR Gelar Diskusi Pengelolaan SDA Sungai Kayan

TANJUNG SELOR – Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar diskusi pendahuluan revisi pola pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) wilayah sungai kayan.

Diskusi tersebut digelar bersama Ir.Widyo Parwonto selaku narasumber sebagai tim unit usaha dan kerja sama bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Fakultas Teknik Universitas Brawijaya di Hotel Crown, belum lama ini

Terselenggaranya acara tersebut iyalah untuk menyusun revisi pola pengelolaan SDA wilayah Sungai Kayan dengan melakukan inventarisasi data, identifikasi kondisi lingkungan dan permasalahan, penyusunan strategi serta kebijakan oprasional.

Dengan tersusunya pola tersebut Widyo Parwonto selaku narasumber menjelaskan tiga aspek penting dalam konsep pengelolaan SDA, salah satunya pendayagunaan sumber daya air.

Terkait hasil revisi tersebut Kepala Bidang SDA DPUTR Heri Rudiyono mengharapkan dari hasil pendahuluan revisi pola pengelolaan SDA wilayah Sungai Kayan tersebut dapat memberikan kabar baik dan manfaat yang lebih dalam pengelolaan SDA-nya.

“Harapan kita semua bisa dapat membawa kabar baik di Kaltara sehingga memberikan manfaat yang lebih untuk pengeloaan sumber daya air maupun penanggulangan bencana kerusakan air,” tuturnya.

Terkait dengan pemanfaatan jalur Sungai Kayan tersebut, Heri mebagi tiga sektor wilayah penting; Sungai Kayan hilir, tengah dan hulu.

“Di wilayah hilir itu untuk pertanian, tambak, perikanan. Wilayah tengah itu kawasan pemukiman, kemudian di wilayah hulu itu barangkali kehutanan dan perkebunan,” jelasnya mengakhiri. (hmsprov)

Berita Terkait