ID | EN
Beranda Berita

Dishut Serahkan Bantuan ke RSUD Tanjung Selor

03 Juni 2020 162

Penyerahan HHBK ke RSUD Tanjung Selor
TANJUNG SELOR – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPH) Tarakan kembali memberikan bantuan produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor, kabupaten Bulungan.

“Bantuan produk HHBK ini diberikan dalam membantu berkontribusi penanganan penyebaran Covid-19 di Kaltara,” kata Kepala Dishut Kaltara, Sjarifuddin, Selasa (2/6).

Bantuannya berupa minyak Kayu Putih yang diproduksi sendiri oleh UPT KPH Tarakan yang diberi nama Minyak Kayu Putih Burung Kenawai. “Untuk saat ini sebanyak 4 lusin yang kami berikan karena stok terbatas. Jenisnya roll on untuk aroma terapi atau fresh care dengan isi bersih tiap botol 8 mili liter,” tuturnya.

Disebutkan Sjarifuddin, Minyak Kayu Putih selain mempunyai efek sebagai antibakteri, anti jamur, juga bisa mengaktivasi airborne virus dengan merujuk kepada hasil riset Balitbangtan yang diaplikasikan ke pasien Covid-19 dan berhasil mempercepat kesembuhan. “Karena itu, kami mencoba di Kaltara, semoga ada kemajuan. Karena kandungan senyawa aktif Kayu Putih ini, mencapai 9,2 persen. Untuk saat ini tertinggi di Indonesia,” ungkapnya.

Minyak Kayu Putih ‘Burung Kenawa’ juga dilengkapi dengan hasil uji laboratorium kimia hasil hutan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda pada 2015. Dimana hasilnya, adalah kadar 1-8 cineole mencapai 92,41 persen. “Produksinya masih lokalan, belum sampai keluar Kaltara. Kami akan mencoba produksi lebih banyak karena permintaan bertambah,” tutupnya.

 

BANTUAN APD

Untuk mendukung kinerja gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltara kembali mendistribusikan bantuan peralatan penanganan Covid-19. Kali ini, kepada BPBD Kabupaten Malinau.

Bantuan peralatan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BPBD Provinsi Kaltara, Andi Santiaji Pananrangi bersama tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara pada Senin (1/6).

“Tim gugus tugas provinsi melalui BPBD Kaltara mendistribusikan sebanyak 240 APD, 20 liter cairan disinfektan, 20 liter handsanitizer, 200 lembar sarung tangan karet (Latex), 225 lembar masker kain, dan 7.500 lembar masker non medis untuk Malinau,” kata kepala BPBD Kaltara, Andi Santiaji Pananrangi.

Bantuan serupa juga didistribusikan ke daerah lain. Namun dalam volume berbeda. “Bantuan yang disalurkan ini merupakan stok APD dan peralatan lainnya yang sebelumnya didistribusikan dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) untuk Kaltara beberapa bulan lalu,” tutupnya.(humas)

Berita Terkait