ID | EN
Beranda Berita

Pemprov Siapkan 1.400 Paket Pangan Murah

Gubernur Buka Bazar Pangan Murah dan Operasi Pasar di Tarakan
14 Mei 2020 608

Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie saat menyerahkan secara simbolis paket pangan murah kepada perwakilan warga Karang Anyar Pantai, Rabu (13/5)
TARAKAN – Dalam rangka mengevaluasi sejumlah program kegiatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) di Kota Tarakan, Rabu (13/5) pagi, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie bersama sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait melakukan kunjungan kerja ke Kota Tarakan.

Kunjungan pertama, adalah melakukan penyerahan sekaligus membuka kegiatan bazar pangan murah dan operasi pasar dalam rangka stabilisasi harga pangan jelang Idulfitri 1441 Hijriah di ruang pertemuan Kantor UPT Pelabuhan Tengkayu II, Karang Anyar Pantai.

“Kegiatan ini, secara keseluruhan digelar di 7 titik wilayah kabupaten/kota sesuai usulan masing-masing kabupaten/kota. Totalnya, ada 1.400 paket pangan murah yang dijajakan. Artinya, setiap titik pelaksanaan bazar pangan murah, tersedia 200 paket. Dengan sasaran, adalah warga kurang mampu atau terdampak Covid-19,” kata Gubernur.

Barang yang dijual pada bazar pangan murah ini, sesuai harga distributor atau tidak diatas harga eceran tertinggi (HET) sebagaimana harga di pasaran. Barang yang dijajakan, diantaranya beras kelas premium (Rp 11 ribu per kilogram), gula (Rp 12 ribu per kilogram), minyak goreng (Rp 12 ribu per liter), dan lainnya.

“Pembelian setiap item dibatasi. Dan, pembeliannya juga tidak secara langsung namun Pemprov Kaltara bersama pihak kelurahan setempat menyediakan check list barang yang dibutuhkan berikut harganya. Warga sasaran tinggal memilih jenis barang, kuantitasnya lalu mengembalikan check list itu kepada pihak kelurahan setempat. Barang akan diantar sesuai dengan alamat yang diberikan warga. Ini merupakan bagian dari upaya membatasi pertemuan orang dengan orang dalam rangka memerangi Covid-19,” beber Irianto.

TINJAU KANTOR BINDA KALTARA

Di hari yang sama, Gubernur juga sempat meninjau progres pembangunan kantor BINDA Kaltara

Kunjungan selanjutnya, adalah meninjau progres pembangunan Kantor Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Provinsi Kaltara di Jalan Bhayangkara, Pasir Putih, Kota Tarakan. Kantor ini dibangun diatas lahan hibah Pemkot Tarakan seluas 6.555 meter persegi. Sumber dana pembangunan gedungnya sendiri, APBD Kaltara 2020 senilai Rp 14,5 miliar. “Saat ini, progressnya sudah memasuki pengecoran lantai 1 dan pembesian. Direncanakan, pembangunannya memakan waktu 280 hari kerja dengan kontraktor pelaksana PT Pubagot Jaya Abadi,” jelas Gubernur yang didampingi kepala DPUPR-Perkim Kaltara, Sunardi saat peninjauan.

Gedung ini dibangun tiga lantai dengan luasan sekitar 700 meter persegi. 

“Dalam tugasnya, BINDA Kaltara harus mampu melakukan cegah dan deteksi dini ancam negara. Hal ini ditopang dengan keberadaan kantor BINDA Kaltara. Dan, keberadaan BIN di Kaltara, sangat strategis untuk menjaga stabilitas keamanan yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah,” tutupnya.(humas)

Berita Terkait