ID | EN
Beranda Berita

SOA Udara 2020 Mulai Direalisasikan

14 Januari 2020 424

Peresmian penerbangan perdana program SOA Orang tahun 2020 dari APBN, untuk rute Tarakan-Long Bawan (PP), Senin (13/1).
TARAKAN – Program subsidi ongkos angkut (SOA) untuk orang pada 2020 yang didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), telah direalisasikan sejak Senin (13/1). Tepatnya, untuk rute Tarakan-Long Bawan (PP). “Alhamdulillah, program SOA udara dari APBN tahun ini, telah resmi melakukan penerbangan perdana. Semoga dengan program ini dapat meringankan ongkos transportasi masyarakat di wilayah pedalaman dan perbatasan juga mengurangi disparitas harga kebutuhan pokok,” kata Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie yang didampingi kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltara, Taupan Madjid.

Untuk program ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan sebesar Rp 32,51 miliar. ”Selanjutnya, setelah SOA Orang APBN melakukan penerbangan perdana, SOA Orang dari APBD akan menyusul dalam waktu dekat,” ujar Irianto. Melalui APBD, program SOA Orang 2020 dialokasikan sebesar Rp 13,66 miliar.

Sementara itu, kepala Dishub Kaltara, Taupan Madjid menyebutkan bahwa program SOA udara ini menggunakan pesawat perintis untuk 2 kegiatan. Yakni, penerbangan perintis penumpang dan angkutan penerbangan perintis kargo. “Dengan bantuan SOA angkutan udara untuk masyarakat Kaltara ini, sebagian biaya tarif tiket pesawat ditanggung oleh pemerintah,” jelas Taupan.

Sasarannya adalah daerah pedalaman yang tidak ada moda transportasi lain. Dimana, dalam pelaksanaannya dilakukan secara terjadwal dan teratur. “Untuk angkutan udara perintis kargo, kegiatannya adalah angkutan udara niaga dalam negeri yang melayani jaringan dan rute penerbangan untuk menghubungkan daerah terpencil dan tertinggal atau daerah yang belum terlayani oleh moda transportasi lain dan secara komersial belum menguntungkan,” urainya.

Tujuan program ini, adalah membuka isolasi daerah. Selain itu, juga memudahkan aksesibilitas dan mobilitas untuk angkutan barang, penumpang dan barang dengan harga terjangkau sehingga dapat meningkatkan kehidupan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi wilayah.

Untuk penerbangan perintis penumpang yang masuk program SOA 2020, rutenya adalah Tarakan menuju Long Bawan, dan Maratua. Sedangkan untuk rute dari Malinau menuju Long Bawan, Long Apung, Mahak Baru, Binuang, Long Layu, Long Alango, Long Pujungan, Data Dian, Long Sule. Lalu, untuk rute dari Tanjung Selor menuju Long Apung, dan Long Bawan. Dan, untuk rute dari Nunukan menuju Long Bawan.

Sementara rute untuk angkutan penerbangan perintis kargo, rutenya yakni dari Tarakan menuju Long Bawan, Long Apung, serta Tarakan menuju Long Sule.(humas)

Berita Terkait