ID | EN
Beranda Berita

Bantu Pelamar Seleksi CPNS, BKD Buka Layanan Informasi

18 November 2019 680

Proses verifikasi berkas manual pada seleksi penerimaan CPNS tahun lalu di lingkungan Pemprov Kaltara.
TANJUNG SELOR – Hingga 3 hari sejak mulai dibuka pendaftaran peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 pada 14 November lalu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah menerima ratusan pelamar yang mendaftar lewat online.

Sekretaris BKD Kaltara Waluyo menyebutkan, sesuai data yang masuk sampai hari ke-3 sejak pendaftaran dibuka, jumlah pelamar yang sudah mendaftar secara online lewat portal SCNN (System seleksi CPNS Nasional) di https://sscn.bkn.go.id, sebanyak 467 orang. Dari jumlah ini, yang telah mencetak nomor sebanyak 173 pelamar. Sementara pelamar yang sudah mengantarkan berkasnya sebanyak 4 orang. “Buat para pelamar sebelum mendaftar, lebih baik membaca dulu baik-baik persyaratan dalam pengumuman. Kalau yang kurang jelas bisa ditanyakan ke panitia seleksi di daerah. Kami siap untuk menjelaskan,” kata Waluyo.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara pada tahun ini mendapat jatah formasi kesehatan dan teknis yang berjumlah 300 formasi. Dengan pengalaman beberapa kali perekrutan CPNS, pada tahun ini BKD Provinsi Kaltara telah siap untuk melayani para pelamar CPNS Tahun 2019. 

Uutuk kesiapan teknis, Waluyo menambahkan, BKD Provinsi Kaltara telah membuat meja pelayanan registrasi (Helpdesk) sebelum pelamar masuk ke meja verifikasi. Melalui helpdesk ini, bertujuan untuk menyaring pelamar yang sifatnya melengkapi berkas seperti bertanya atau belum jelas, mau dibantu mendaftar atau pertanyaan yang sifatnya teknis.

Kepala Subbidang Pengadaan dan Pensiun Pegawai BKD Kaltara Arya Mulawarman menambahkan, dengan tersedianya meja registrasi (helpdesk) berkas pelamar dapat tersusun dengan lengkap dan rapi, sebelum masuk ke ruangan verifikasi. 

“Saat registrasi akan mendapatkan nomor urut, jadi secara tidak langsung sebagai proses pendataan. Dengan pendataan tersebut ketika ada berkas pelamar yang kurang dapat kami hubungi sehingga dapat memudahkan. Oleh sebab itu penting pelamar untuk registrasi di meja registrasi (helpdesk),” jelas Arya.

Ditambahkan, kepada para pelamar dalam mendaftar online, untuk tenaga kesehatan wajib mengupload Ijazah dan STR di system. Karena aturan menyebutkan seperti itu, dan untuk tenaga teknis cukup mengupload Ijazah. “Setelah berhasil mengisi resumenya, lalu pelamar mencetak kartu. Pelamar juga Wajib untuk menyerahkan berkas ke BKD Provinsi Kaltara untuk registrasi dan verifikasi,” terangnya.

“Proses verifikasi nanti ada 2 tahap yaitu secara online dan manual, lalu pengumuman seleksi administrasi akan keluar dan bagi yang lulus administrasi mencetak Kartu untuk mengikuti ujian CAT,” tambah Arya.

Untuk diketahui, sesuai jadwal, penyerahan berkas seleksi penerimaan CPNS Provinsi Kaltara Tahun 2019 dilaksanakan pada Tanggal 14 sampai dengan 28 November 2019. BKD Provinsi Kaltara membuka jam pelayanan pemberkasan CPNS pada Hari Senin – Kamis, pukul 08.00 – 16.00 Wita dan Sabtu – Minggu, pukul 08.00 – 12.00 Wita di Kantor BKD Provinsi Kaltara Gedung Gabungan Dinas Lt. 2 Tanjung Selor.

“Pada akun SSCN yang terbaru, ada menu Helpdesknya juga, terkait pertanyaan yang terjadi saat proses pendaftaran dan memang BKN saat ini mengarahkan pelamar untuk menggunakan menu Helpdesk tersebut (https://helpdesk.bkn.go.id/),” tutup Arya.

Berita Terkait