ID | EN
Beranda Berita

Pembangunan SMK 2 Tanjung Selor Ditarget Rampung

31 Oktober 2019 492


Kegiatan pembangunan gedung baru SMK Negeri 2 Tanjung Selor.

TANJUNG SELOR – Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Tanjung Selor ditargetkan rampung pada Desember 2019. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Teguh Heri Sutanto mengungkapkan saat ini progress pembangunannya sudah 60 persen.

Pembangunan itu menggunakan dana bantuan khusus oleh pemerintah pusat melalui pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) di atas lahan seluas 2 hektare. 

“Atas usulan Pemprov Kaltara melalui Disdikbud  pada Januari 2019 lalu kepada Kemendikbud, Alhamdulillah  Kaltara mendapatkan bantuan pembangunan USB berjumlah Rp 3,6 Miliar untuk 6 ruang belajar, satu kantor, dan satu ruang perpustakaan,”kata Teguh.

Dijelaskannya, system pembangunan sekolah itu menggunakan system swakelola. Artinya, pelaksanaan pembangunannya secara teknis berada di sekolah. “Bantuan USB ini hanya untuk pembangunan gedung saja, kalau untuk operasional sekolah rencananya akan diadakan pengadaan sendiri di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020 atau kita akan mengajukan kepada pusat lagi,” jelas Teguh.

Misalnya yang diusulkan pada APBD 2020 adalah pembangunan ruang kelas untuk 6 rombongan belajar (rombel). Di mana Disdikbud Kaltara mengusulkan Rp 6 miliar untuk pembangunannya. “Untuk tahun 2020 rencananya kami juga akan mengajukan usulan pembangunan ruang praktek kelas unutk sekolah SMA dan SMK se-Kaltara, total anggaran yang diajukan sebesar Rp 75 miliar.(humas)

______

INFORMASI KLARIFIKASI

Pada berita berjudul “Pembangunan SMK 2 Tanjung Selor Ditarget Rampung” yang terbit pada Kamis (31/10) terdapat perubahan mengenai besaran dana bantuan khusus oleh pemerintah pusat melalui pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) bangunan dimaksud. Di tubuh berita, sesuai informasi Sekretaris Disdikbud Kaltara Teguh Heri Sutanto disebutkan besaran bantuan khusus tersebut senilai Rp Rp 3,6 miliar untuk 6 ruang belajar, satu kantor, dan satu ruang perpustakaan. Sementara, berdasarkan keterangan kepala SMK 2 Tanjung Selor Khoirul Anam, besaran bantuannya mencapai Rp 3,2 miliar untuk pengerjaan bangunan dan penyediaan mebeulair. Itu terdiri dari, Rp 2,9 miliar untuk fisik bangunan yang terdiri dari 6 RKB, 2 RPS, 1 ruang guru, 1 ruang perpustakaan serta 1 kantor administrasi. Sementara sisanya sekitar Rp 400 juta untuk pengadaan mebeulair.(*)

Berita Terkait