ID | EN
Beranda Berita

Wakil Kaltara Juara 3 Nasional Lomba Tutor Kesetaraan

12 Juli 2019 204

Jumadil, wakil Kaltara yang berhasil menjadi juara 3 lomba tutor kesetaraan berfoto bersama Dr Abdoellah, Direktur PGTK PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI.
Jumadil, wakil Kaltara yang berhasil menjadi juara 3 lomba tutor kesetaraan berfoto bersama Dr Abdoellah, Direktur PGTK PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI.

TANJUNG SELOR – Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada lomba guru dan tenaga kependidikan (GTK) dan pendidikan masyarakat (Dikmas) tingkat nasional 2019, berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Adalah, Jumadil dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sebatik yang menjadi wakil provinsi termuda pada ajang garapan Direktorat Jenderal (Ditjen) GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu. Jumadil diketahui berhasil menempati peringkat ke-3 nasional di lomba tutor kesetaraan.

Atas pencapaian itu, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menyampaikan selamat dan apresiasi atas usaha dan kerja kerasnya. “Dari Kaltara, sesuai informasi Disdikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) dikirimkan 10 perwakilan untuk ajang itu. Dan alhamdulillah, salah satunya berhasil meraih juara,” ucap Gubernur.

Ajang ini digelar pada 23 hingga 28 Juni lalu di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ada 22 kategori lomba, yang terdiri dari 11 kategori lomba pendidik perseorangan, 6 lomba tenaga kependidikan perseorangan, 4 kategori lomba pendidik dan tenaga kependidikan daerah khusus, dan 1 kategori lomba kelompok. “Total pesertanya 444 orang dari 34 provinsi. Jadi, ini sebuah prestasi yang cukup membanggakan bagi Kaltara,” urai Irianto. Dikabarkan, pemenang lomba ini, mulai peringkat 1 hingga 10 akan mendapatkan pelatihan atau diberi kesempatan berkunjung keluar negeri untuk mengikuti pelatihan.

Lomba GTK-Dikmas digelar berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota dilanjutkan ke tingkat provinsi dan puncaknya menuju ke tingkat nasional. “10 orang yang mewakili Kaltara ke tingkat nasional berhak mendapatkan masing-masing uang pembinaan Rp. 5 juta,” timpal Sekretaris Disdikbud Kaltara, Teguh Heri Sutanto.

Raihan prestasi di ajang ini, menempatkan Kaltara sebagai satu-satunya provinsi di kepulauan Kalimantan juga Sulawesi yang berhasil meraih juara. “Secara umum, ada 2 jenis lomba digelar yakni lomba berprestasi dan berdedikasi. Dan prestasi yang diraih ini, sangat diharapkan dapat memicu dan memacu semangat GTK untuk berbuat lebih,” tutupnya.(humas)

Berita Terkait