ID | EN
Beranda Berita

Targetkan 5 Kegiatan, TMMD ke-105 Digelar di Sebatik Utara

24 Juni 2019 114

TANJUNG SELOR – Kecamatan Sebatik Utara, Kabupaten Nunukan menjadi target kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 ini. Demikian salah satu yang disampaikan dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD Provinsi Kaltara yang digelar beberapa waktu lalu.Rakornis TMMD ini adalah perwujudan dari operasi bhakti Tentara Negara Indonesia (TNI) untuk mendorong keberhasilan pembangunan nasional hingga ke wilayah pelosok,” ungkap Sugiyono, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kaltara.

Sugiono membeberkan, dalam kegiatan TMMD ke-105 yang akan dilaksanakan di Nunukan ini, dilakukan berbagai kegiatan. Baik berupa pekerjaan fisik dan non fisik. “Nanti kegiatan TMMD ini terpusat di kecamatan Sebatik Utara. Akan ada 5 kegiatan, selama pelaksanaan TMMD mulai tanggal 10 Juli hingga 8 Agustus 2019,” bebernya.

Sugiono menyebutkan, lima kegiatan selama TMMD ini, antara lain pembukaan badan jalan dengan ukuran 1.300 x 6 meter, semenisasi jalan, pembuatan flat ducker sebanyak 2 unit dengan ukuran tiap unit 1 unit 4,5 x 5 meter, 1 unit 5 x 6 meter, serta pembuatan 1 unit Mandi Cuci Kakus (MCK).

"Selain itu juga ada kegiatan non fisiknya, seperti penyuluhan Keluarga Berencana Kesehatan, Kamtibmas, penyuluhan hukum, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, bela negara dan wasbang, hingga kegiatan sosialisasi bahaya faham radikalisme, bahaya narkoba, Undang Undang Lalulintas, serta ceramah agama,” sebut Sugiono.

Lebih jauh diuraikannya, bahwa TMMD merupakan program terpadu lintas Sektoral, sehingga dalam pelaksanaannya TNI tidak bekerja sendiri. Namun dengan melibatkan banyak pihak, mulai dari  departemen pemerintahan, lembaga pemerintah, hingga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Daerah. “Program TMMD ini sangat membantu pemerintah daerah, dalam upaya percepatan pembangunan di wilayah pedesaan. Sehingga penerapan program TMMD ini dilaksanakan pada seluruh penjuru. Saya berharap SKPD terkait dapat membantu mensukseskan Rakornis TMMD ke-105 ini di wilayah Kaltara, khususnya di Sebati Utara, Kabupaten Nunukan,” tutupnya.(humas)

Berita Terkait