ID | EN
Beranda Berita

Pemuda Panca Marga Kaltara Dikukuhkan

21 Mei 2015 248

TANJUNG SELOR – Kehadiran organisasi kepemudaan di provinsi Kaltara merupakan instrumen yang akan membawa banyak manfaat bagi kemajuan daerah. Bagaimana tidak, hadirnya organisasi kepemudaan barang tentu akan menambah mitra kerja pemerintah dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Hal tersebut disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Zainuddin HZ saat membawakan sambutan pelantikan pengurus Pemuda Panca Marga Provinsi Kaltara Periode 2014-2018 di ruang serbaguna Kantor Gubernur Kaltara, Rabu (20/5).

“Mari bersama-sama kita membangun Kaltara melalui gerakan revolusi mental di seluruh lapisan. Tidak hanya dalam pemerintahan tetapi juga dalam organisasi kepemudaan. Saya harapkan di tubuh pemuda Panca Marga hal ini serius diaplikasikan,” sebut Zainuddin mendampingi Penjabat Gubernur Triyono Budi Sasongko.

Sebagai organisasi kepemudaan sambungnya, Pemuda Panca Marga harus memegang teguh misi organisasi. Dalam hal ini, Panca Marga harus memperkuat dan menggelorakan semangat membangun dan menjaga harga diri bangsa di perbatasan.

“Dewasa ini negara kita sering mendapat intervensi dari negara tetangga. Hal inilah yang patut kita sikapi dengan cara-cara yang baik. Salah satu langkahnya adalah mendukung pemerintah dalam menggencarkan pembangunan di perbatasan. Dengan cara inilah kita bisa berbicara banyak dengan negara tetangga,” tuturnya.

Zainuddin juga memberi apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Umum Panca Marga Pusat Abraham Lunggana alias Haji Lulung yang telah berkenan hadir di Tanjung Selor sekaligus melantik dan mengukuhkan kepengurusan Pemuda Panca Marga Provinsi Kaltara.

Ya, dalam agenda tersebut Haji Lulung memang menyempatkan hadir. Ia juga memberi wejangan kepada segenap pengurus Pemuda Panca Marga Kaltara untuk senantiasa menjadi pioner dalam menjaga wilayah perbatasan Indonesia di wilayah Kaltara.

“Kaltara walaupun masih muda, sudah dapat terbentuk beberapa organisasi kepemudaan. Khusus bagi Panca Marga saya harapkan bisa bersinergi dengan pemerintah untuk bersama-sama membangun dan menjaga harkat dan martabat bangsa kita di mata negara tetangga,” serunya pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Dengan ideologi Pancasila yang dianut Pemuda Panca Marga, lebih jauh diharapkan pula mampu menjadi kontrol bagi pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pelayanan publik dan pembangunan.

“Jangan segan mengkritik pemerintah. Kritik untuk membangun ke arah yang lebih baik. Pemuda Panca Marga harus menunjukkan semangat profesionalisme dan nasionalisme,” ujarnya.

Inti pelantikan tersebut ditandai penyerahan bendera petaka Pemuda Panca Marga dan penyematan lencana oleh Haji Lulung kepada Ketua Pemuda Panca Marga Kaltara Imam Pratikno.

Prosesi tersebut disaksikan pula oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Bulungan dan Provinsi Kaltara diantaranya, Sekkab Bulungan, Ketua KNPI Kaltara, Kapolres Bulungan, Dandim 09/03 Tanjung Selor, Kaban Kesbangpol Kaltara, dan sejumlah tamu undangan. (Tribunkaltim/Humasprov)

Berita Terkait