ID | EN
Beranda Berita

3 Guru Kaltara Raih Penghargaan Nasional 17 Agustus 2018 99

Malam Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi. Di ajang ini, 3 guru di Kaltara berhasil berprestasi.

TANJUNG SELOR – 3 guru di Kaltara kembali meraih apresiasi pada ajang Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi. Adalah guru SMA Negeri 1 Sebatik, Kepala SMP Negeri 1 Malinau, dan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Nunukan. “Bentuk apresiasi yang diberikan kepada mereka itu, melalui pemilihan guru berprestasi serta berdedikasi tingkat nasional yang menjadi agenda tiap tahun Kemendikbud dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73,” kata Kepala Dinas Pnedidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara Sigit Muryono, Kamis (16/8).

Dijelaskan apresiasi ini diberikan kepada guru mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) hingga pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tahun lalu, Kaltara mendapatkan 5 nominasi dengan mengirim kontingen sebanyak 12 oran. Sementara tahun ini, Kaltara mengirim kontingen sebanyak 36 guru dan tenaga pendidik. Namun apresiasi tahun ini hanya diberikan bagi guru berprestasi dan berdedikasi serta tenaga kependidikan. “Karena tahun ini apresiasi diberikan bagi guru berprestasi dan berdedikasi kepada guru PAUD, SD, SMP, SMA atau SMK. Kalau apresiasi untuk tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi akan diberikan kepada kepala sekolah, tenaga laboratorium, pengawas sekolah, petugas perpustakaan dan tenaga administrasi sekolah pada semua jenjang pendidikan, tidk semua kategori kami kirim,” urai Sigit.

Mekanismenya, lanjut Sigit, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melakukan tahapan seleksi mulai dari tingkat sekolah. Teknisnya, setelah melalui tahapan seleksi di provinsi, maka yang lulus seleksi akan didaftarkan untuk mengikuti lomba itingkat nasional. Sigit berharap peserta yang meraih prestasi itu, dapat mempertahankan dan terus berupaya melakukan capaian peningkatan. Bagi yang belum berhasil, tentu harus berusaha keras sampai bisa mencapai prestasi terbaik di tahun berikutnya. “Bagi yang meraih juara pada ajang di tingkat nasional tahun ini, akan diusulkan mengikuti studi banding ke luar negeri melalui Dewan Pendidikan sebagai reward dari Pemprov Kaltara,” tuntas Sigit.(humas)

Berita Terkait