ID | EN
Beranda Berita

Rusun ASN Dibangun Tahun Ini 23 Mei 2018 300

 

 Ilustrasi gambar bersumber dari rakyatsulsel.comTANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Permukiman (DPUPR-Perkim) telah merencanakan penyediaan perumahan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemprov Kaltara. Ada dua rencana kegiatan pembangunan perumahan pegawai itu. Yakni, pembangunan perumahan PNS di wilayah Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor. Dan, penyediaan Rumah Susun (Rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jalan Handal, kawasan Tugu Telur Pecah.

Dijelaskan M Roswan, Kepala Bidang (Kabid) Perumahan bahwa untuk pembangunan perumahan PNS di wilayah KBM Tanjung Selor, belum ada instruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera). “Tapi memang ada semacam kegiatan penyediaan lahan di KBM,” kata Roswan.

Sedangkan untuk pembangunan Rusun ASN tampaknya dalam waktu tidak terlalu lama dapat segera direalisasikan. Menurut Roswan, program ini juga merupakan program Kemenpupera yang bertujuan untuk tempat tinggal sementara, juga untuk meminimkan backlog hunian. “Jadi, Rusun ASN ini sifat kepemilikannya tidak menetap. Ada jangka waktu penggunaannya, sekitar 3 hingga 4 tahun. Jadi, tujuannya adalah supaya ASN menyiapkan diri untuk membeli atau membangun rumah sendiri,” jelas Roswan.

Rusun ini didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 14 miliar. Model bangunannya rusun bertingkat 3 dengan tipe rumah 45. Tiap lantai terdiri dari 24 kamar dengan ukuran 36 meter persegi. “Untuk penyediaan lahannya menjadi tanggung jawab Pemprov Kaltara. Dan, melalui APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) telah dianggarkan Rp 1 miliar untuk penyediaan lahan seluas 8.725 meter persegi,” ungkap Roswan.

Proyek Rusun ASN ini telah memasuki tahapan pelelangan pada Mei 2018 di Kemenpupera. Ditaksir, bulan depan pembangunan fisiknya sudah dapat dilakukan. “Tahun depan baru dapat digunakan ASN,” tutup Roswan.(humas)

Berita Terkait